syarat menjadi seorang MC

seorang MC pasti akan diperhatikan oleh banyak orang mulai dari atas kepala sampai ujung rambut pasti akan diperhatikan oleh audience,  audience dengan mudahnya menilai dengan apa yang mereka lihat mulai dari busana, makeup, cara berjalan, bahasa tubuh, penampilan dan lain lain,bukan hanya itu saja melainkan audience pun akan menilai dengan apa yang mereka dengar mulai dari artikulasi, pesan yang disampaikan oleh mc,pengucapan kata atau kalimat.

bayangkan saat seorang mc sedang menyampaikan sesuatu didepan dan terlihat gugup atau tidak percaya diri, atau busana yang digunakan oleh mc malah tidak sesuai dsngan tema acara,  atau saat seorang mc sedang berinteraksi dengan orang yang tidak nyambung dengan acaranya, tentu saja seorang mc tersebut akan menjadi bahan cibiran atau bahkan akan di tertawakan oleh audience,  dan untuk menghindari hal tersebut maka ada beberapa syarat untuk menjadi seorang mc:
1.percaya diri
percaya diri yang harus dimiliki oleh seorang mc karena seorang mc akan menghadap banyak publik,  maka dari itu percaya diri sangat penting untuk seorang mc,  tidak mungkin apabila seorang mc hanya diam saja didepan publik itu akan menjadi bahan cibiran untuk mc itu sendiri,
Kepercayaan diri akan membantu seorang mc menguasai panggung dan audience serta memudahkan mc berinteraksi dan mengatur jalannya acara.

2.pandai beradaptasi
seorang nc harus pandai beradaptasi dengan lingkungan tempat dia melakukan tugasnya sebagai MC,  MC tidak hanya mengetahui acara nya saja melainkan mc juga harus mengetahu semua yang bersangkutan dalam acara tersebut,  mulai dari berapa banyak audience, jenis acara formal, informal atau nonformal, mengetahui pembicara, artis, seorang mc harus mengetahui latarbelakang audience.

3.kemampuan mengolah suara yang baik
Sebaiknya seorang MC memiliki vocal atau suara yang baik, apalagi berkarakter, MC harus pandai mengolah nada kalimat menjadi berirama dan tidak datar, MC harus memiliki kualitas penyebutan kata dan kalimat yang baik atau artikulasi, MC harus memiliki kemampuan mengeluarkan kekuatan suara tanpa harus berteriak, MC harus mampu mengatur tinggi rendah suara agar audience tidak merasa bosan.

4.memiliki pengetahuan yang baik dan luas
Seorang MC layaknya seorang presenter atau jurnalis yang memiliki kemampuan mengetahui banyak hal diberbagai bidang, meskipun tidak mendalam seperti seorang pakar. Job yang diterima bisa saja tidak hanya melulu dalam bidang yang sama, tapi bisa jadi dari berbagai bidang yang berbeda-beda yang membutuhkan pengetahuan MC akan banyak hal. Untuk memiliki pengetahuan yang luas, seorang MC harus memiliki dasar pendidikan yang baik, formal maupun informal seperti kursus dan pelatihan serta gemar membaca dan terus mengikuti perkembangan ilmu pengetahuan dan informasi.

5.Kreatif, inisiatif serta mampu berfikir cepat dan tepat.
Seorang MC harus kreatif dan memiliki inisiatif dalam memandu acara sehingga tidak membosankan dan monoton. Kreatif dan inisiatif juga diperlukan apabila ada perubahan situasi dan kondisi yang tak terduga ketika acara sedang berlangsung, sebelum acara berlangsung, atau sebelum acara berakhir. Seorang MC harus tanggap terhadap perubahan-perubahan tersebut dan harus berpikir cepat dan tepat untuk mengantisipasinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tugas tim kreatif

peran penting menjadi seorang kameramen