pengertian dan tugas master of ceremony

Master Of Ceremony atau bisa disebut MC yaitu seorang pemandu acara, penguasa acara, pembawa acara sekaligus tuan rumah dalam acara (event).

menjadi seorang MC memang gampang-gampang susah,  ada banyak syarat yang harus dimiliki seorang MC yaitu berkelakuan baik, berpenampilan atraktif dan simpatik, memiliki wawasan yang baik dan luas, memiliki kemampuan bahasa yang baik dan benar, tanggap dan cekatan, dan menjadi seorang MC pun tidak hanya mengandalkan suara bagus saja tetapi menjadi seorang MC harus memiliki suara yang lantang, artikukasi jelas supaya audiens yang mendengarkan akan paham dengan apa yang seorang MC katakan, menjadi seorang MC harus mempunya strategi bagaimana cara membuat audiens tidak boring atau tidak bosan,  seorang MC harus pandai mencairkan suasana dengan cara kuis,game,doorprize dan sebagainya yang dapat menghibur audiens agar lebih semangat pada acara yang sedang dibawakan oleh MC.

seorang MC bertanggung jawab dari awal hingga akhir acara,  MC pun bertanggung jawab memastikan acara berjalan sesuai waktu atau sesuai rundown acara, MC bertanggungjawab memastikan acara dimulai dan diakhiri tepat waktu. Jika pengisi acara belum datang, atau “tamu istimewa” yang ditunggu belum datang, maka MC harus dapat membuat audience tidak hanya menatap sebuah panggung kosong. MC harus dapat menghidupkan suasana ditengah keadaan yang tak terduga seperti itu.

MC harus mampu menjaga antusiasme, gairah, dan kemeriahan suasana. Jangan biarkan audience bosan. MC adalah pemimpin audience yang dapat memberikan “komando” tepuk tangan sebagai apresiasi kepada pengisi acara.

Tugas MC memastikan acara berlangsung lancar, tepat waktu, meriah, berkesan, dan sesuai dengan susunan atau rundown acara,  jangan sampai saat acara berlangsung dan selesei tidak tepat waktu tidak sesuai susunan acara.

Pembawa Acara / MC harus bisa berfikir dan bertindak cepat serta punya planning-planning cadangan, jika terjadi trouble yang tidak dikehendaki saat acara berlangsung. Sehingga acara tidak tampak kacau atau audience merasa bosan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tugas tim kreatif

peran penting menjadi seorang kameramen

syarat menjadi seorang MC