Hal yang perlu diperhatikan oleh seorang wartawan

Pertama tentu saja seorang wartawan harus memiliki pendidikan,karna pendidikan itu yaitu syarat number satu sbab wartawan menghadapi banyak orang atau narasumber,dengan klatarbelakang yang berbeda dan pndidikan yang brbeda,tidak mungkin wartawan hanya diam saja saat ada narasumber.

Kedua yaitu memiliki keterampilan berbahasa, artinya semua wartawan harus mampu dan pandai berbicara,aktif menyimak,terampil menulis dan memiliki kekuatan mmbaca yang hebat,artinya wartawan harus memahami dengan baik bukan hanya menghapal rencana sebelum terjun ke lapangan.


Ketiga mampu manjaga kepercayaan seorang yang dipercaya akan selalu menghasilkan karya yang di tunggu-tunggu karena pembaca meyakini,public saat ini meliki lebih banyak sumbr untuk menerima informasi maka seorang wartawan harus terus melatih dirinya makin pintar mengelola sebuah informasi sebagai pristiwa yang layak dan pantas diberitakan.


Keempat yaitu seorang wartawan harus memilki sifat agrsif,wartawan harus pandai mengeksplor setitik informasi untuk kemudian menjadi bacaan atau informasi yang menarik dan brmanfaat bagu public.



Kelima adalah berpikir kritis, wartawan idealnya tidak mudah percaya pada informasi pertama dari seorang narasumber,melainkan harus menggalinya dengan mlakukan klarifikasi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tugas tim kreatif

peran penting menjadi seorang kameramen

syarat menjadi seorang MC