Seputar tentang penyiar radio



Penyiar adalah satu kalimat namun mempunyai arti dan penuh dengan misteri.
Penyiar menurut kamus besar bahasa indinesia(KBBI),penyiar adalah orang yang menyiarkan atau penyeru pada sebuah radio.dalam bahasa inggris,penyiar disebut dengan announcer atau orang yang mengumumkan.
Dan definisi penyiar menurut saya sendiri yaitu orang yang menjadi sahabat atau bisa disebut kekasih yang bisa membuat bahagia dan membuat nyaman pendengar ,karena penyiar itu selain harus mengumumkan yaitu penyiar juga harus bisa membuat pendengar bahagia,nyaman dan sebisa mungkin seorang penyiar harus membuat pendengar itu tidak boring.seorang penyiar harus menjadi moodboster nih bagi pendengar.

                           modal awal menjadi penyiar radio

1.    Sering mendengarkan siaran radio
Sering mendengarkan siaran radio itu membuat kira menjadi banyak mengetahui kosa kata yang banyak disampaikan oleh sipenyiar, nah dengarkan apa yang sellu dikatakan oleh penyiar,pelajari setiap improvisasi komunikas,sering mendengarkan siaran radio juga dapat menjadi semakin terlatih dalam menjadi penyiar karena kita bisa tahu bagaimana penyiar berbicara,melakukan talkshow,atau disaat penyiar mengampaikan opening,dan content.

2.    perluas wawasan musik
            Menjadi seorang penyiar yaitu tidak akan luput dari yang namanya musik,penyiar radio itu harus menginformasikan dimana penyanyi lagu dan judul  lagu yang diputar, bagi pendengar suatu informasi lagu itu sangat penting bagi mereka untuk di download bila sipendengar menyukai musik tersebut.

3.    Up to date
Seorang penyiar radio tentunya harus dan wajib menginformasikan suatu informasi yang penting bagi pendengar, informasi cuaca,informasi event,informasi apapun  yang penting akan mempermudah pendengar untuk mendapatkan sebuat informasi,pendengar tidak akan susah mencari informasi kalau sipenyiar bakal informasiin semua pasti pendengar bakal nunggu penyiar berbicara mengenai informasi yang akan disampaikan.maka seorang penyiar wajib dan mampu mengetahu informasi yang sedang berkembang pada saat ini,seorang penyiar itu tidak boleh kudet itu akan mempersulit seorang penyiar radio.

4.    menguasai bahasa indonesia yang baik dan benar
serang penyiar radio mampu melakukan bahasa indonesia yang baik dan benar agar pendengar paham sama apa yang dibicarakan oleh penyiar,dan jika penyiar tidak begitu mampu dalam bahasa inggris sebaiknya penyiar hindari dulu dalam menggunakan bahasa inggris,karena akan membuat pendengar beranggapan negativ pada penyiar.gunakan bahasa indonesia yang baik dan benar saja sudah mampu membuat pendengar mengerti dan paham yang dibicarakan oleh penyiar.
        5.tidak sombong dan selalu ceria

            Menjadi seorang penyiar radio itu mampu membuat nyaman pendengar,penyiar harus kelihatan semangat dalam membawakan acara radio,buatlah pendengar suka pada kita atau suka pada sipenyiar, apa jadinya apabila seorang penyiar itu sombong? Itu akan membuat pendengar menjadi lebih tidak suka atau tidak nyaman pada kita bahwan akan membuat pendengar beranggapan negativ pada penyiar. Seorang penyiar juga harus mampu membuat nyaman pendengar agar tetap staytune di radio yang kita bawakan.tidak sombong tapi penyiar radio akan lebih disukai oleh pendengar yaitu dengan santun pada penonton.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

tugas tim kreatif

peran penting menjadi seorang kameramen

syarat menjadi seorang MC