BROADCASTING




Broadcasting dalam bahasa Indonesia adalah kepenyiaran,kepenyiaran berlaku dalam dunia radio dan televisi. Broadcasting ini selalu menarik perhatian masyarakat yaitu orang dewasa,anak kecil dan terutama Broadcasting ini khususnya sangat menarik perhatian anak remaja jaman sekarang.
Broadcasting juga merupakan sajian acara atau kegiatan acara untuk dalam proses komunikasi yang bertujuan untuk membujuk,mempengaruhi untuk menghibur masyarakat.dan dalam Broadcasting ini harus memperdalam ilmu kemasyarakatan itu artinya bagaimana seorang broadcasting yang sedang melakukan kegiatan penyiaran untuk langsung terjun ke masyarakat luas dan langsung berhadapan dengan masyarakat,maka dari itu seorang broadcasting butuh mental yang kuat,percaya diri,dan berani.
Ruang lingkup Broadcasting :
  • ·         Presenter
  • ·         Kameramen
  • ·         Wartawan Media
  • ·         Dunia perfilmanan,seperti sutradara,editing dll
  • ·         Penyiar radio
  • ·         Master of ceremony
  • ·         Reporter Radio dan televise
  • ·         Script writer
  • ·         Anchor
  • ·         Creative Program radio dan Televisi

Berikut sekilas pengertian dari ruang lingkup Broadcasting :
  1.     Presenter                                                                                                                                              Orang yang berkerja yang mampu mengandalkan suara dan kemampuan bahasa dilengkapi dengan penampilan atau gaya bahasa yang mempunyai karakter yang berbeda,presenter biasanya adalah yang membawakan suatu acara atau suatu program televisi secara berlangsung dari awal hingga akhir.
  2.     Kameramen                                                                                                                       Kameramen atau biasa disebut juru kamera yang bertugas pengambilan sebuat film atau gambar seorang kameramen harus paham akan tugas nya yaitu harus mengambil gambar dengan benar,mengambil dalam dengan focus,komposisi gambar yang tepat,gambar warna harus sesuai dengan gambar aslinya,pengaturan tingkat suara diharuskan jelas dan tepat,dan harus mendapatkan gambar yang sangat baik dan sesuai.
  3.   Wartawan Media                                                                                                              Wartawan media adalah seseorang yang melakukan kegiatan jurnalistik yang bertugas untuk mencari berita (berupa laporan) hingga laporan tersebut dikirim ke media massa seperti Koran,televisi,radio.
  4.  Penyiar Radio                                                                                                                      Penyiar radio adalah bisa disebut dengan presenter radio,yang bertugas menyiarkan suara melalui tranmisi radio,seorang penyiar membawakan sebuah acara seperti acara musik,mengadakan wawancara yang melibatkan pendengar radio tersebut,mengadakan suatu acara yang sesuai dengan sasaran pendengar radio,menyampaikan berita dan menyampaikan cuaca atau inormasi lalu lintas dan informs lainnya
  5.   Master Of Ceremony                                                                                                           Master og ceremony atau bisingkat sebagai MC tidak jauh beda seperti seorang penyiar radio yang bertugas sebagai membawakan sebuah acara ,MC juga bisa disebut sebagai yang bertanggung jawab sebagai pembawa acara dari awal sampai akhir.dan biasanya seorang MC membawakan acara pernikahan,ulangtahun,pembawa acara televisi. 
  6.  Reporter Reporter radio dan reporter televisi bertugas mencari berita atau peliputan berita lalu disampaikan kepada public dalam bentuk tulisan seperti Koran,majalah dll atau bentuk lisan yang harus dilaporkan langsung pada media.



-nandaauliaalfaza-




Komentar

Postingan populer dari blog ini

tugas tim kreatif

peran penting menjadi seorang kameramen

syarat menjadi seorang MC